Laporan Desentralisasi Sistem Monitoring Program KB

23jun-1Anis Fuad memberikan presentasi diseminasi hasil baseline assessment

Jakarta-PKMK. Pada Selasa (23/6/2015) ini dilakukan diseminasi hasil baseline assessment Desentralisasi Sistem Monitoring Program KB. Desentralisasi Sistem Monitoring Program KB adalah salah satu kegiatan yang saat ini dilakukan oleh PKMK FK UGM bersama dengan Avenir Health untuk mendukung proses penguatan pendataan program KB di BKKBN.

Baseline assessment ini melihat sistem statistik rutin yang saat ini berlangsung dari level kader KB hingga nasional. Asesmen ini bertujuan untuk mengetahui sistem pencatatan, pelaporan, analisa data, dan interpretasi, advokasi, kualitas data, dan sistem informasi ataupun teknologi informasi yang tersedia. Hasil baseline assessment ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pemangku kepentingan terkait program KB dan juga sebagai dasar perencanaan Program Desentralisasi Sistem Monitoring Program KB selanjutnya.

Pemaparan hasil penelitian baseline assessment ini dipimpin oleh Anis Fuad selaku Peneliti Utama. Sejumlah fakta menunjukkan bahwa terdapat beberapa tantangan di lapangan yang berhubungan dengan ketersediaan dan kualitas data. Tantangan ini dimulai dari level kader (termasuk pemahaman tentang indikator penting KB dan kemampuan mendata), level PLKB/Petugas Lapangan Keluarga Berencana (termasuk kekurangan jumlah PLKB), hingga level nasional. Tantangan yang ditemukan berdampak pada adanya ketidaksesuaian data antara berbagai instansi terkait KB, hingga kurangnya penggunaan data program KB untuk advokasi perencanaan dan penganggaran program KB. Temuan ini menggarisbawahi sejumlah poin perbaikan yang perlu dilakukan di berbagai level terkait program KB (Tiara M).

23junAcara diseminasi baseline assessment di BKKBN

Add comment


Security code
Refresh

mrsmpkkmrsbencanamjkmjkmjkdeskesrural  aids2

Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates