Jakarta - Sebagian besar orang tua yang merokok selalu berdalih, 'saya tidak merokok di depan anak-anak'. Namun perlu diketahui bahwa merokok di depan anak ataupun tidak, rokok tetap menjadi persoalan yang mengancam jiwa. 

Para dokter mengenalnya dengan istilah third hand smoker. Dokter spesialis anak, Dr dr Nastiti Kaswandani, SpA (K), mejelaskan bahwa meski orang tua tidak pernah merokok di depan anak, residu asap yang tertinggal di baju menjadi ancaman bagi anak.

HARI KESEHATAN NASIONAL

Jakarta - Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek, menyebutkan konsumsi daun kelor mampu mencegah dan bahkan mengurangi stunting atau masalah kekurangan gizi di Indonesia.

"Kita tahu daun kelor, saya juga waktu itu pernah ditegur katanya ngurusin stunting atau ngurusin kurang gizi itu dengan daun kelor lho. (Konsumsi) daun kelor dengan kacang hijau," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jl Rasuna Said, Senin (12/11/2018).

Jakarta - Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) menunjukkan angka yang cukup menggembirakan terkait masalah stunting.

Angka stunting atau anak tumbuh pendek turun dari 37,2 persen pada Riskesdas 2013 menjadi 30,8 persen pada Riskesdas 2018.